I.
LATAR BELAKANG
Dewasa ini BMKG menerapkan
audit kinerja guna mengukur “keberhasilan” suatu Unit Pelaksana Teknis (UPT).
Jika sebelumnya audit lebih difokuskan pada penyerapan dan pertanggungjawaban
anggaran, maka dengan audit kinerja selain mencakup masalah anggaran juga
mencakup pelaksanaan tugas dan fungsi pokok
(tupoksi) setiap UPT.
Salah satu item yang
disyaratkan dalam pengukuran kinerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) di BMKG adalah
tersedianya informasi mengenai kepuasan konsumen ataupun stake holder pengguna
jasa dan informasi dari UPT tersebut. Informasi tersebut dikumpulkan melalui
kuesioner tertulis yang dibagikan ataupun dikirimkan oleh UPT BMKG kepada
responden yang merupakan pengguna informasi. Beberapa UPT pernah melakukan
pengukuran informasi kepuasan konsumen tersebut dengan wawancara langsung. Pada
beberapa literatur disebutkan kuesioner adalah salah satu metode survey yang
bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang memungkinkan analis mempelajari
sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di
dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh
sistem yang sudah ada (http://alfside.wordpress.com/2008/10/28/pengertian-kuisoner/)
II.
KUESIONER ONLINE
Secara umum pengukuran
kepuasan konsumen tersebut dilakukan terhadap dua hal yaitu kepuasan terhadap
produk informasi dan kepuasan terhadap pelayanan. Dalam hal kepuasan terhadap
produk informasi beberapa hal yang ditanyakan antara lain :
-
Kecepatan produk informasi sampai ke tangan
pengguna
-
Kesesuain produk informasi dengan kebutuhan
pengguna
-
Ketepatan prediksi dalam produk informasi
tersebut
-
Kemasan produk.
Gambar 2. Contoh kuesioner mengenai kepuasan
pengguna informasi yang
dikeluarkan oleh
Stasiun Klimatologi Manado
Adapun pengukuran kepuasan konsumen dalam hal
pelayanan informasi yang diberikan, beberapa hal yang ditanyakan meliputi :
-
Sikap petugas yang melayani : ramah/tidak ramah
-
Kondisi ruang pelayanan : nyaman/tidak nyaman
-
Kecepatan pelayanan : cepat/lambat
-
Alur pelayanan : sederhana/bertele-tele
Gambar 2. Contoh kuesioner konvensional mengenai kepuasan
pelayanan informasi yang dikeluarkan oleh
Stasiun Klimatologi Manado
Dalam era digital saat ini,
dimana berbagai hal telah tersedia secara online, maka metode kuesioner dengan
mengisi terasa kurang praktis. Beberapa kelemahan kuesioner konvensional
tersebut adalah :
- Memerlukan banyak kertas yang dikirimkan ke sejumlah responden
- Kurang praktis karena membutuhkan waktu pengiriman ke alamat responden dan waktu untuk pengiriman kembali
- Membutuhkan biaya untuk pengiriman disamping biaya pencetakan kuesioner.
- Melibatkan banyak SDM dalam hal penyusunan, pengiriman hingga rekapitulasi kuesioner yang masuk.
Guna mengatasi
kelemahan-kelemahan kuesioner konvensional tersebut, maka Stasiun Klimatologi
Manado mencoba membuat kuesioner secara online. Jika pada waktu-waktu
sebelumnya, penyusunan informasi online seperti website dan survey online
membutuhkan Sumber Daya (SDM) yang ahli di bidang informatika dan juga biaya
yang mahal guna membiayai pembuatan informasi online tersebut maka saat ini
sudah tersedia survey online instan yang mudah dan gratis.
Keunggulan survey
menggunakan kuesioner online antara lain :
- Tidak memerlukan kertas
- Tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya bergantung kecepatan internet
- Tidak membutuhkan biaya pengiriman ataupun pencetakan materi kuesioner
- Tidak membutuhkan tenaga manusia untuk merekapitulasi kuesioner.
Gambar 3. Akses menuju kuesioner online pada website
Stasiun Klimatologi
Manado (http://staklim-manado.bmkg.go.id/component/content/article/45-earlywarning/419-survey-kepuasan-konsumen.html)
Tampilan kuesioner untuk
mengukur kepuasan pengguna produk informasi prakiraan hujan bulanan yang
dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Manado sebagaimana terlihat pada Gambar 4 berikut.
Gambar 4. Tampilan Kuesioner mengenai Produk Buku
Prakiraan Hujan Bulanan
Adapun tampilan kuesioner
untuk mengukur kepuasan pengguna atas pelayanan informasi prakiraan hujan
bulanan yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Manado sebagaimana terlihat
pada Gambar 5 berikut.
Gambar 5. Tampilan Kuesioner mengenai kepuasan atas
layanan informasi.
Kuesioner online yang
disediakan oleh Stasiun Klimatologi Manado tersebut, meskipun produk instan
dari pihak ketiga dalam hal ini “Google
Docs” namun fasilitas dalam kuesioner tersebut cukup baik, karena
menyediakan fasilitas-fasiltas antara lain :
- Tersedia beberapa pilihan pengisian seperti multichoice, grid, skala ataupun tabulasi
- Dapat menggunakan fungsi kondisi tertentu, misalnya jika respon memilih jawaban “a” maka kuesioner dilanjutkan pada halaman kedua. Jika respon memilih alterntif “b” maka kuesioner langsung menuju halaman 3.
- Tersedia pilihan “required” artinya responden wajib menjawab pertanyaan tersebut.
- Rekapitulasi (summary) otomatis. Setelah responden menyelesaikan pengisian kuesioner maka hasil kuesioner bisa langsung terlihat.
Gambar
6. Tampilan Rekapitulasi Kuesioner Mengenai
Produk Informasi
Gambar 7. Tampilan
Rekapitulasi Kuesioner mengenai kepuasan
pelayanan
III.
RESUME
- Kuesioner online dapat menjadi solusi alternatif dalam memahami keinginan pengguna informasi MKG dan juga mengukur keberhasilan pelaksanaan tupoksi UPT BMKG
- Kuesioner online dapat dibuat secara mudah dan bebas biaya serta tidak memerlukan tenaga ahli.
Menarik Bang Day! Salah satu pemanfaatan perkembangan sistem informasi yang sangat tepat di era digitalisasi dokumen dan multimedia.
BalasHapusJust a thought, mungkin nanti bisa diberikan pula follow-up actions atau semacam evaluasi dari apa yang telah diperoleh dari kuisionernya.
Keep up the good work!
:D