MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNA DATA DAN INFORMASI MKG DENGAN KUESIONER ONLINE


I.                LATAR BELAKANG

Dewasa ini BMKG menerapkan audit kinerja guna mengukur “keberhasilan” suatu Unit Pelaksana Teknis (UPT). Jika sebelumnya audit lebih difokuskan pada penyerapan dan pertanggungjawaban anggaran, maka dengan audit kinerja selain mencakup masalah anggaran juga mencakup pelaksanaan tugas dan fungsi pokok  (tupoksi) setiap UPT.

Salah satu item yang disyaratkan dalam pengukuran kinerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) di BMKG adalah tersedianya informasi mengenai kepuasan konsumen ataupun stake holder pengguna jasa dan informasi dari UPT tersebut. Informasi tersebut dikumpulkan melalui kuesioner tertulis yang dibagikan ataupun dikirimkan oleh UPT BMKG kepada responden yang merupakan pengguna informasi. Beberapa UPT pernah melakukan pengukuran informasi kepuasan konsumen tersebut dengan wawancara langsung. Pada beberapa literatur disebutkan kuesioner adalah salah satu metode survey yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada (http://alfside.wordpress.com/2008/10/28/pengertian-kuisoner/)

    II.                KUESIONER ONLINE
Secara umum pengukuran kepuasan konsumen tersebut dilakukan terhadap dua hal yaitu kepuasan terhadap produk informasi dan kepuasan terhadap pelayanan. Dalam hal kepuasan terhadap produk informasi beberapa hal yang ditanyakan antara lain :
-          Kecepatan produk informasi sampai ke tangan pengguna
-          Kesesuain produk informasi dengan kebutuhan pengguna
-          Ketepatan prediksi dalam produk informasi tersebut
-          Kemasan produk.



Gambar 2.       Contoh kuesioner mengenai kepuasan pengguna informasi yang
dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Manado

Adapun pengukuran kepuasan konsumen dalam hal pelayanan informasi yang diberikan, beberapa hal yang ditanyakan meliputi :
-          Sikap petugas yang melayani       : ramah/tidak ramah
-          Kondisi ruang pelayanan              : nyaman/tidak nyaman
-          Kecepatan pelayanan                   : cepat/lambat
-          Alur pelayanan                              : sederhana/bertele-tele


Gambar 2. Contoh kuesioner konvensional mengenai kepuasan pelayanan informasi yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Manado

Dalam era digital saat ini, dimana berbagai hal telah tersedia secara online, maka metode kuesioner dengan mengisi terasa kurang praktis. Beberapa kelemahan kuesioner konvensional tersebut adalah :
  • Memerlukan banyak kertas yang dikirimkan ke sejumlah responden
  • Kurang praktis karena membutuhkan waktu pengiriman ke alamat responden dan waktu untuk pengiriman kembali
  • Membutuhkan biaya untuk pengiriman disamping biaya pencetakan kuesioner.
  • Melibatkan banyak SDM dalam hal penyusunan, pengiriman hingga rekapitulasi kuesioner yang masuk.

Guna mengatasi kelemahan-kelemahan kuesioner konvensional tersebut, maka Stasiun Klimatologi Manado mencoba membuat kuesioner secara online. Jika pada waktu-waktu sebelumnya, penyusunan informasi online seperti website dan survey online membutuhkan Sumber Daya (SDM) yang ahli di bidang informatika dan juga biaya yang mahal guna membiayai pembuatan informasi online tersebut maka saat ini sudah tersedia survey online instan yang mudah dan gratis.

Keunggulan survey menggunakan kuesioner online antara lain :
  • Tidak memerlukan kertas
  • Tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya bergantung kecepatan internet
  • Tidak membutuhkan biaya pengiriman ataupun pencetakan materi kuesioner
  • Tidak membutuhkan tenaga manusia untuk merekapitulasi kuesioner.




Gambar 3.       Akses menuju kuesioner online pada website Stasiun Klimatologi
Manado (http://staklim-manado.bmkg.go.id/component/content/article/45-earlywarning/419-survey-kepuasan-konsumen.html)


Tampilan kuesioner untuk mengukur kepuasan pengguna produk informasi prakiraan hujan bulanan yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Manado sebagaimana terlihat pada  Gambar 4 berikut.


Gambar 4.       Tampilan Kuesioner mengenai Produk Buku Prakiraan Hujan Bulanan

Adapun tampilan kuesioner untuk mengukur kepuasan pengguna atas pelayanan informasi prakiraan hujan bulanan yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Manado sebagaimana terlihat pada  Gambar 5 berikut.


Gambar 5.       Tampilan Kuesioner mengenai kepuasan atas layanan informasi.

Kuesioner online yang disediakan oleh Stasiun Klimatologi Manado tersebut, meskipun produk instan dari pihak ketiga dalam hal ini “Google Docs” namun fasilitas dalam kuesioner tersebut cukup baik, karena menyediakan fasilitas-fasiltas antara lain :
  • Tersedia beberapa pilihan pengisian seperti multichoice, grid, skala ataupun tabulasi
  • Dapat menggunakan fungsi kondisi tertentu, misalnya jika respon memilih jawaban “a” maka kuesioner dilanjutkan pada halaman kedua. Jika respon memilih alterntif “b” maka kuesioner langsung menuju halaman 3.
  • Tersedia pilihan “required” artinya responden wajib menjawab pertanyaan tersebut.
  • Rekapitulasi (summary) otomatis. Setelah responden menyelesaikan pengisian kuesioner maka hasil kuesioner bisa langsung terlihat.



Gambar 6.       Tampilan Rekapitulasi Kuesioner Mengenai Produk Informasi



Gambar 7. Tampilan Rekapitulasi Kuesioner  mengenai kepuasan pelayanan

   III.                RESUME
  • Kuesioner online dapat menjadi solusi alternatif dalam memahami keinginan pengguna informasi MKG dan juga mengukur keberhasilan pelaksanaan tupoksi UPT BMKG
  • Kuesioner online dapat dibuat secara mudah dan bebas biaya serta tidak memerlukan tenaga ahli.
  

Komentar

  1. Menarik Bang Day! Salah satu pemanfaatan perkembangan sistem informasi yang sangat tepat di era digitalisasi dokumen dan multimedia.

    Just a thought, mungkin nanti bisa diberikan pula follow-up actions atau semacam evaluasi dari apa yang telah diperoleh dari kuisionernya.

    Keep up the good work!
    :D

    BalasHapus

Posting Komentar