Teman... jangan berhenti berempati yah walo hanya via SMS

Hari ini tepat setahun lalu, adik bungsu kami, satu-satunya perempuan di keluarga kami, berpulang ke Rahmatullah. Kesedihan mendalam bagi keluarga besar kami. Dari 4 bersaudara, 3 kakaknya adalah laki-laki semua. Dia adalah adik perempuan yang sangat dinanti kehadirannya. Namun sayang, takdir berkata lain, Allah memanggilnya lebih dulu pula.

Kesedihan lebih berat lagi, almarhumah pergi dengan cara yang mendadak. Adik kami menghembuskan nafas terakhir saat melahirkan anak ke-4. Operasi caesar telah menyebabkan pendarahan hebat. Adik kami wafat dalam keadaan belum siuman karena pengaruh bius. Wafat tanpa belum sempat melihat buah hatinya.

Almarhummah adik kami dan anak pertamanya

Kawan, saya bukan ingin berbagi cerita melow. Saya ingin berbagi betapa empati dari kolega, teman, saudara sangat berarti menguatkan seseorang yang dirundung duka. Walau hanya sebuah SMS ! Mungkin teman-teman sering mendapat berita duka dan seketika memberi ucapan turut berduka baik sms, bbm, wa, fb, telepon dll.

Kadang.. (cuman kadang), ucapan kita tanpa ruh, tanpa empati hanya sekedar sebuah ucapan tanpa merasakan duka cita yang dialami pihak yang berduka, Tapi itu tidak masalah teman. Apapun itu, sebuah ucapan duka cita yang diterima sangat menguatkan keluarga yang berduka.

Ini yang saya alami tahun lalu. Saat mendapat berita duka, masih dalam penampilan mata memerah menahan kesedihan, dalam perjalanan mengejar pemakaman, satu persatu kolega memberi ucapan turut berduka. Ada yang menulis langsung, ada yang via grup medsos. Ada yang menulis panjang, ada yang sekedar copas dari ucapan orang lain. Tapi semua sangat berarti, sangat membantu, sangat menghibur duka lara kami sekeluarga yang terkena musibah.

Saya jadi teringat sebelum-sebelumnya kadang memberi ucapan duka cita tanpa rasa, tanpa empati. Namun ternyata diterima dengan baik, diterima sebagai penguat oleh pihak yang berduka.


Kawan, semoga kita tidak berhenti memberi empati walau hanya dengan SMS.



Komentar

  1. Kehilangan orang yang disayangi itu memang berat mas, Namun dibalik sebuah musibah, pasti Tuhan mempunyai rencana lain yang mungkin akan bermanfaat bagi kita. Semoga amal ibadah Adik Bang Day Diterima disisi Allah SWT. Amin.

    BalasHapus
  2. wah kece mas... semoga terus berempati mas mantap dah....

    BalasHapus
  3. ucapan dari teman memang bisa memberi pengaruh bagi kita yg kehilangan, meski sekadar bela sungkawa singkat insyaallah bermakna

    BalasHapus
  4. Semoga ttp kuat dan tabah ya bang Day... Kita mmg ga pernah bisa tau kpn ajal akan menjemput.. Smg kluarga yg ditinggalkan diberi kekuatan.. Amiin YRA

    BalasHapus
  5. menyentuh tulisannya…
    Semoga diterima disisi Allah SWT. Amin....

    BalasHapus

Posting Komentar